gravatar

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison adalah penemu dari Amerika dan merupakan satu dari penemu terbesar sepanjang sejarah. Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat pada tanggal 11 Februari 1847. Ia anak bungsu dari tujuh bersaudara, buah perkawinan dari Samuel Ogden, keturunan Belanda dengan Nancy Elliot. Di masa sekolahnya, Edison kecil selalu mendapat nilai yang buruk. Oleh karena itu 3 bulan setelah Edison bersekolah, ibunya memberhentikannya dari sekolah. Ibu Edison yang pernah menjadi guru kemudian mengajar anaknya sendiri di rumah mulai dari belajar membaca, menulis dan berhitung. Ternyata anak ini dengan cepat menyerap apa yang diajarkan ibunya.


Di rumah  Edison kecil dengan leluasa dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri. Di usianya yang ke-12 ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api karena memahami kondisi ekonomi orangtuanya kala itu. Hebatnya, saat berjualan ia gemar pula melakukan berbagai eksprimen. Bahkan sempat menerbitkan koran Weekly Herald. Suatu ketika, saat bereksprimen, sebuah gerbong hampir terbakar karena cairan kimia tumpah. Kondektur amat marah dan menamparnya hingga pendengarannya rusak.

Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Saat berada di New York, ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.

Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Dari tempat itu juga lah Edison mendapat julukan penyihir Menlo Park.

Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon. Di tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik. Kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia, lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya. Selama karirnya, Thomas Alva Edison telah mempatentkan sekitar 1.093 hasil penemuannya, termasuk bola lampu listrik, gramofon, dan kamera film. Namun sejarah ilmu pengetahuan mencatat, Edison sebenarnya menemukan 3000 penemuan selama hidupnya. Ia bahkan pernah menemukan 400 macam penemuan dalam masa 13 bulan.

Pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat. Edison meninggal di West Orange, New York, pada tanggal 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun tepat di hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.

Cuap-cuap

Entri Populer