gravatar

C.N.BLUE (Code Name Blue)

Code Name Blue atau yang biasa dikenal dengan nama CN Blue adalah nama sebuah band indie rock dari Korea Selatan yang memulai debut perdananya pada 19 Agustus 2009 lalu di Jepang. Ketika itu mereka membawakan lagu di mini-album pertama mereka "Now or Never". Sebelumnya memang jika menyebut grup musik dari Korea pasti yang pertama kali terbayang dipikiran adalah sekumpulan pria tampan nan imut atau para wanita cantik yang barnyanyi sambil menari diatas panggung tanpa memainkan alat musik. Yah benar, boyband dan girlband memang sangat mendominasi dunia permusikan di negara gingseng tersebut. Sebut saja Shinee, bigbang, DBSK, ss501, wondergirl, SNSD, dll yang telah malang melintang hingga dunia musik internasional. Namun grup musik CN Blue hadir dengan warna yang berbeda. Ditengah seretnya perkembangan band di Korea, CN Blue muncul sebagai sebuah gebrakan baru di industri permusikan Korea.


Band yang mengusung warna musik rock dan pop ini pada awalnya beranggotakan 4 personil yaitu, Jung Yong Hwa (vokalis utama, gitaris dan rapper), Lee Jong Hyun (vokalis kedua dan gitaris), Kwon Kwang Jin (backing vokal dan basis), dan Kang Min Hyuk (backing vokal dan drumer). Namun kemudian Kwon Kwang Jin keluar dan digantikan Lee Jung Shin (backing vokal, rapper dan basis). Diawal karirnya sebelum mereka melakukan debut pertama, Jung Yong Hwa cs malakukan perjalanan ke Jepang dan berkelana di negri sakura tersebut selama 2 tahun untuk mengembangkan kemampuan bermusik dan aksi panggung. Namun tak semudah yang diduga, mengingat mereka hanya menguasai sedikit bahasa jepang serta tak adanya dukungan sponsor membuat pengelanaan itu menjadi sangat berat. “Ada kejadian di mana sama sekali tak ada orang yang menonton penampilan kami. Mereka bahkan tidak melirik kami dan hanya lewat,” aku mereka. “Tapi perlahan-lahan penampilan kami mulai menarik perhatian penonton satu per satu”.

Namun mereka tidak menyerah, sembari mengarungi manis pahitnya kehidupan sebagai grup musik indie, keempat personel CN Blue yang telah 3 tahun hidup bersama tersebut semakin memupuk kekompakan. Mereka bahkan punya julukan untuk masing-masing personel yaitu, Jung Yong Hwa si Bangsawan muda, Kang Min Hyuk si Pelajar baik, Lee Jong Hyun si Pemuda Busan yang sering tersasar (hyaaah ada yang buta arah juga ternyata..hhehe), dan Lee Jung Shin si Jangkung. Dan pada pertengahan bulan Juni 2009, CN Blue melakukan perform di jalan-jalan dan klub-klub di Jepang sebagai band indie. Kemudian tanggal 19 Agustus 2009, secara resmi CN Blue memulai debut perdana mereka dengan Now or Never yang sepenuhnya direkam dalam bahasa inggris. Pada bulan November 2009, mini-album kedua CN Blue yang berjudul Voice dirilis. Kedua mini-album tersebut dirilis di Jepang dan melahirkan lagu-lagu hit seperti “Let’s Go Crazy”, “Never Too Late”, “Tearsdrop in the Rain”, “Just Please”, dan “Love Revolution”.

Setelah itu, CN Blue memulai debutnya di Korea. Pada tanggal 14 Januari 2010, mini-album pertama di Korea dirilis dengan judul Bluetory yang memuat 3 lagu lama yaitu, "Love Revolution", "Y, Why", dan "Now Or Never" serta 2 lagu baru yaitu, "I'm a Loner" dan "I Will.. Forget You" yang liriknya dalam bahasa Korea. Lagu "I'm a Loner" mendapat sambutan yang sangat baik di Korea, dibuktikan dengan duduknya lagu tersebut di puncak berbagai tangga nada hanya dalam waktu 2 minggu.

Kepopularitasan CN Blue semakin meningkat setelah sang vokalis utama, Jung Yong Hwa bermain di serial drama Korea yang berjudul Yiu're Beautiful bersama Jang Geun Seok, Lee Hong Ki, dan Park Shin Hye. Tercatat fans resmi CN Blue setelah penampilan Yong Hwa diserial "You're Beautiful" dan 2 penampilan musik mereka di Music Core dan Music Inkigayo berjumlah lebih dari 13 ribu orang. Hal tersebut membuat CN Blue mendapat predikat sebagai band indie yang penampilannya paling ditunggu-tunggu di setiap acara music.

Di bulan Maret 2010 album full pertama CN Blue dirilis di Jepang dengan judul ThankU. Berisi 12 lagu yang langsung menjadi hits dibeberapa acara musik. Setelah sukses dengan album pertamanya tersebut CN Blue kembali merilis mini-album yang mereka beri judul Bluelove pada 19 May 2010 dengan 5 lagu baru dan 1 lagu lama. Belum berakhir disitu, pada tanggal 23 Juni 2010 C.N. Blue mengeluarkan single pertama mereka yang berjudul The Way dan berisi 3 lagu. Tanggal 16 September 2010 mereka merilis single kedua dengan judul I Don't Know Why yang berisi 2 lagu. Dan terakhir, single ketiga mereka yang berjudul RE-MAINTENANCE dan berisi 3 lagu dirilis di tanggal 9 Januari 2011 kemarin. Lalu dibulan Februari tahun ini, rencananya CN Blue akan merilis album resmi kedua mereka..hmm kita tunggu saja..

PROFIL PERSONEL C.N.BLUE

1. YONG HWA 
Full Name: Jung Yong Hwa (정용화) (ジョン・ヨンファ, 鄭容和) 
Date of Birth: June 22, 1989 (1989-06-22) (age 21) 
Position: Leader, Main Vocalist, Rapper, Guitarist














2. JUNG HYUN 
Full Name: Lee Jong Hyun (이종현) (イ・ジョンヒョン, 李宗泫) 
Date of Birth: May 15, 1990 (1990-05-15) (age 20) 
Position: Lead Vocalist, Guitarist










3. MIN HYUK 
Full Name: Kang Min Hyuk (강민혁) (カン・ミンヒョク, 姜敏赫) 
Date of Birth: June 28, 1991 (1991-06-28) (age 19) 
Position: Backing Vocalist, Drummer












4. JUNG SHIN 

Full Name: Lee Jung Shin (이정신) (イ・ジョンシン, 李正信) 
Date of Birth: September 15, 1991 (1991-09-15) (age 19) 
Position: Backing Vocalist, Rapper, Bassist















MANTAN PERSONIL

Kwon Kwang Jin (권광진) - Bassist, Backing Vocalist (2009)














DAFTAR LAGU C.N. BLUE:
Album : Now or never

Album : Voice

Album : Bluetory

Album : ThankU

Album : Bluelove

Single : The way

Single : I don't know why

Single : Re-maintenance

Video klip dapat dilihat disini

oke brad and sist, see u next time.. :)

wikipediaC.N BLUE (Korea)C.N BLUE (Jepang), 4shared

Cuap-cuap

Entri Populer