gravatar

AFROPEDIA

Mungkin selama ini, dalam cerita yang saya buat banyak terdapat istilah-istilah yang belum pernah terdengar sebelumnya. Maka saya membuat Afropedia untuk menjelaskan istilah-istilah tersebut. Dibawah ini adalah beberapa istilah yang ada dalam cerita Sword of Afromesia bab.1 dan bab.2 :


Gerbang Kingswood : dibuat oleh seorang Shaman keturunan murni bernama Merra Dougglas Kingswood pada abad pertengahan. Gerbang ini berfungsi untuk menghubungkan Afromesia dengan bumi. Dimaksudkan untuk menjalin sebuah hubungan yang saling menguntungkan manusia dan penduduk Afromesia. Gerbang ini terbuat dari sebuah pohon suci Earnets dari hutan Holliant yang memiliki daya magis yang sangat luar biasa sehingga dipilih untuk menjadi bahan utama pembuat gerbang penghubung antar dimensi. Untuk menghindari orang-orang yang memiliki niat untuk menyalahgunakan pemakaian gerbang ini, Merra membuatnya tak terlihat dan tak sembarangan orang atau makhluk dapat memasuki gerbang ini. Makhluk yang memiliki niat jahat tidak akan bisa membuka gerbang ini. Selain itu Merra juga membuat letak gerbang Kingswood yang ada di bumi selalu beralih-alih sehingga hanya para penghubung sajalah yang dapat mengetahui letaknya.

Penghubung : penghubung adalah sebutan untuk manusia yang bertugas membuka gerbang Kingswood dari bumi. Hanya seorang penghubung yang dapat menentukan posisi gerbang Kingswood di bumi, sekaligus hanya mereka sajalah yang mampu membuka gerbang tersebut dari bumi. Seseorang yang terpilih menjadi penghubung secara otomatis mendapatkan umur lebih, sehingga orang itu dapat bekerja dalam jangka waktu yang jauh lebih lama. Penghubung biasanya dipilih dari keturunan keluarga sedarah.

Phidelya : phidelya adalah bunga liar yang banyak tumbuh di bukit, pegunungan, atau dataran tinggi. Kelopak bunga phidelya berwarna biru muda. Bunga ini sering ditambahkan para penyembuh dalam ramuan obat mereka karena khasiatnya yang dapat mengembalikan stamina tubuh. Selain itu, jika kelopak bunga phidelya diseduh maka akan menghasilkan teh phidelya yang sangat mujarab untuk menenangkan pikiran dan memulihkan kondisi tubuh.

Allf : Ras terbanyak yang hidup di Afromesia. Tiga dari lima kerajaan terbesar di Afromesia yaitu MeyraldVoltrove, dan Alereas adalah milik para Allf. Untuk ciri-ciri fisiknya, hampir tidak ada perbedaan antara ras ini dengan manusia dibumi. Sehingga ras Allf menjadi yang paling sering menggunakan jasa gerbang Kingswood. Yang membedakan ras ini dengan manusia adalah bakat yang dimiliki. Bakat Allf bermacam-macam, mulai dari sihir hingga crowd. Mereka juga yang menghadiahkan umur lebih pada para keturunan penghubung. Profesi ras ini mirip dengan profesi manusia didaratan Eropa pada abad pertengahan. Profesi Allf yang agak berbeda dengan profesi manusia diantaranya Penyembuh, Pengirim Jasa, Shaman, dll.

Eldr : Eldr merupakan ras yang gesit. Mata biru, hidung mancung, kulit putih, tubuh kurus dengan tinggi rata-rata dua meter menjadi ciri-ciri utama ras murni Eldr. Sifat mereka layaknya seorang bangsawan, kaku dan sedikit angkuh. Kerajaan Feintreal merupakan satu-satunya kerajaan milik bangsa ini. Pasukan elite Feintreal adalah pasukan Eldr yang paling terkenal. Berisi kesatria-kesatria tangguh dengan harga diri yang tinggi.

Ollf : Ollf adalah ras pemburu. Insting mereka sangat tajam. Jumlah ras ini paling sedikit diantara ras lainnya. Setelah perang Cornellias, para Ollf semakin jarang terlihat. Pola hidup yang nomaden dan selalu tersembunyi membuat mereka sulit ditemui. Cara berpakaian yang sangat tertutup menjadi satu-satunya ciri khas dari ras Ollf.

Griwt : Griwt adalah ras raksasa. Tubuh besar,kekar dan tinggi mencapai sepuluh hingga duapuluh meter merupakan ciri yang mudah untuk mengenali ras ini. Tingkat kepandaian para Griwt adalah yang terendah diantara Allf, Eldr, Ollf, dan Zurch, namun mereka memiliki tenaga yang luar biasa sebagai gantinya. Griwt tidak memiliki kerajaan, mereka biasa hidup berkelompok dihutan atau pegunungan. Ras asli Griwt sangat mudah marah. Kebanyakan yang tinggal dipedesaan dan di kerajaan adalah para Griwt berdarah campuran.

Zurch : Zurch merupakan ras dengan tingkat kepandaian paling tinggi. Sebagian besar dari mereka tinggal di kerajaan Thread. Sebagian yang lain memilih tinggal di perkampungan terpencil. Tinggi para Zurch hanya separuh tinggi manusia normal. Ukuran kepala mereka lebih besar dari kepala manusia kebanyakan. Wajah para Zurch menyerupai wajah orang yang telah berumur lebih dari enam puluh tahun lengkap dengan keriputnya. Diantara ras lainnya, peradaban ras Zurch adalah yang paling maju. Banyak teknologi canggih diciptakan oleh ras ini yang bahkan belum ditemukan didunia manusia.

Nhor : Nhor sebenarnya hanyalah sebuah kata hasil kesepakatan keempat ras lainnya yang digunakan untuk menyebut makhluk-makhluk selain ras Allf, Ollf, Eldr, dan Griwt. Pada umumnya makhluk-mkhluk yang termasuk kedalam golongan Nhor seperti Twigigt, Centrove, Juggre, Lyc, Meiry dan lain-lain tidak mengakui adanya penyatuan penyebutan nama tersebut. Mereka akan marah saat dipanggil dengan sebutan ras Nhor terutama para Centrove yang sangat sensitif.

Wigorr : wigorr adalah binatang berbentuk serigala berburu hitam legam yang mengkilat bila terkena sinar bulan. Mata wigorr berwarna merah dan berjumlah delapan. Kedelapan matanya hanya mampu melihat dengan baik saat senja dan malam tiba. Wigorr adalah binatang buas pemangsa yang hidup di pegunungan. Tubuh wigorr tidak dapat dilihat oleh ras Allf dan keturunannya. Para Allf baru dapat melihat wigorr setelah mata mereka terkena air ludah binatang itu.

Juggre : Juggre adalah makhluk yang secara fisik menyerupai Griwt. Namun tubuh mereka lebih tambun dibanding para Griwt dan ukuran lengan mereka pun sangat besar serta kuat. Juggre hanya memiliki satu mata, namun penglihatannya sangat baik. Mereka sangat bodoh, bahkan jauh lebih bodoh dari Griwt. Biasanya mereka tinggal di goa-goa. Sifatnya yang selalu lapar membuat para Juggre ini sangat bringas. Mereka suka bertarung dan membunuh, bahkan jika sedang dalam keadaan sangat lapar mereka tidak segan-segan membunuh kawan mereka sendiri untuk dimakan.

Penyembuh : penyembuh adalah sebuah profesi dimana tugas mereka adalah menyembuhkan dengan cepat dan meramu obat-obatan.

Jasa pengiriman Dufflegrimt : Dufflegrimt adalah satu-satunya pria yang berhasil melatih burung Naflar (burung asli Afromesia) sehingga dapat digunakan sebagai media pengiriman surat. Kemudian ia mendirikan sebuah jasa pengiriman surat dan barang menggunakan burung Naflar. Dengan sistem tertentu yang hanya diketahui keluarga Dufflegrimt, ia dan keluarganya dapat menjalankan jasa pengiriman tersebut dengan lancar.


Jika masih ada istilah-istilah yang belum dipahami pembaca, silakan menanyakannya..
:)

Cuap-cuap

Entri Populer